Posted by : Unknown Rabu, 11 Desember 2013

Penyakit Mata

·         Miopi
Miopi yakni seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak jauh. Biasanya terjadi pada pelajar. Dapat dibantu dengan 
kacamata berlensa cekung.
·         Hipermetropi
Hipermetropi yaitu seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat dari mata. Dapat dibantu dengan kacamata ber
lensa cembung.
·         Presbiopi
Presbiopi adalah seseorang yang tidak dapat melihat benda yang berjarak dekat maupun berjarak jauh. Dapat dibantu dengan kacamata ber
lensa rangkap. Biasa terjadi pada lansia.
·         Kerabunan dan kebutaan
Buta berarti seseorang tidak dapat melihat benda apa pun sama sekali. Buta bisa saja diakibatkan keturunan, maupun 
kecelakaan. Rabun berarti seseorang hanya dapat melihat dengan samar-samar. Orang-orang yang buta maupun rabun biasanya "membaca" menggunakan jari-jarinya dengan alat bantu berupa huruf Braille.
·         Buta warna
Buta warna adalah suatu kondisi seseorang tidak mampu merepresentasikan warna. Buta warna total sama sekali tidak dapat membedakan warna, yang dapat dilihat hanyalah warna 
hitam,abu-abu, dan putih (grey scale). Sedangkan jika tidak bisa membedakan warna tertentu disebut buta warna parsial. Buta warna biasanya merupakan penyakit turunan, artinya jika seseorang buta warna, pasti anaknya juga mewarisi gen buta warna, namun belum tentu menderita buta warna.
·         Katarak
Katarak adalah suatu penyakit mata di mana lensa mata menjadi buram karena penebalan, terjadi pada orang lanjut usia (lansia).
·         Astigmatis = ketidakaturan lengkung-lengkung permukaan bias mata yang berakibat cahaya tidak fokus pada satu titik retina (bintik kuning). Dapat dibantu dengan kacamata silinder/Operasi refraktif.

·         Rabun senja
Rabun senja adalah penyakit mata yang disebabkan karena mata kekurangan 
vitamin A. Penderita biasanya tidak bisa melihat pada saat sore hari saja.


Mata Majemuk

Artikel utama untuk bagian ini adalah: mata majemuk
Mata majemuk ditemukan di antara arthropoda (kerabat serangga), dan terdiri dari banyaknya sisi sederhana yang putus berpiksel citra (tak ada tampilan lipat ganda seperti yang sering dipercaya).
Deteksi penyakit melalui kelainan mata Penyakit lain juga dapat dideteksi melalui mata dengan tanda-tanda sebagai berikut [2]
·         Mata menonjol dapat berarti kelainan kelenjar gondoksomaretumor yang berasal dari organ lain seperti paru-parupayudarakelenjar getah bening. Kadang-kadang disertai dengan gangguan pergerakan bola mata sehingga penderita mengeluh berpenglihatan ganda.
·         Kelainan kelopak mata:
·         Kelopak mata menurun (kelainan saraf, usia tua, atau kencing manis).
·         Kelopak mata tidak bisa menutup rapat (kelainan kelenjar gondok, kelainan saraf atau tumor).
·         Kelopak mata bengkak (ginjaljantungalergi, dan sinusitis).
·         Kelopak mata tidak dapat berkedip (lepra).
·         Kelopak mata berkedip secara berlebihan (kelainan saraf/ otak).
·         Mata juling (gangguan saraf/otak, strokekencing manistumor, dan gondok)
·         Mata merah
·         tanpa nyeri (cacingan, TBC, alergi ringan karena debu atau makanan, alergi berat karena obat, tiroidHIV/AIDS, tumor)
·         dengan nyeri hebat (rematiksifilissarkoidosislupus (penyakit)kencing manis (kadang kadang mata nyeri saat dibuka di waktu bangun)
·         disertai dengan kornea yang kering dan penebalan selaput lendir (kekurangan vitamin A).
·         Lingkaran putih di sekeliling kornea pada usia muda (tingginya kolesterol).

·         Katarak pada usia dini (di bawah usia 61 tahun) menandakan kencing manis. Ibu hamil yang selama masa kehamilan terinfeksi campak juga dapat menyebabkan anaknya lahir dengankatarak.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Blogger templates

Blogroll

Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © Kesehatan Mata -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan